3 Masalah Umum pada AC Mobil Toyota, Ada Punya Kamu?

Bicara mengenai mobil, salah satu masalah yang paling umum terjadi pada kendaraan tersebut adalah kondisi AC. Ada cukup banyak masalah pada yang umum terjadi pada mobil. Setidaknya ada 3 masalah umum AC mobil Toyota dan paling sering terjadi. Untuk bisa tahu lebih banyak, berikut ini ulasannya.

Pentingnya kondisi AC MOBIL TOYOTA yang sehat

AC atau pendingin udara tentu sangat penting di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang musim kemaraunya bisa menyebabkan suhu udara mencapai 400 saat kamu ada di luar ruangan. Oleh karena itu, posisi dari AC ini memang sangat penting bukan?

Akan tetapi kondisi AC yang sehat tidak hanya penting untuk memastikan AC berfungsi untuk mendinginkan bagian dalam mobil, akan tetapi kondisi AC yang sehat juga sangat penting agar siapa pun yang menumpang di mobil ini tidak mengalami masalah pernafasan. Nah, berikut ini adalah beberapa masalah yang umum terjadi pada AC kendaraan.

Aroma tidak sedap keluar dari AC

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada AC kendaraan adalah aroma tidak sedap yang muncul dari pendingin mobil. Aroma tidak sedap ini umum terjadi pada mobil yang sudah tua. Akan tetapi kondisi ini bukan merupakan kondisi yang terjadi karena masalah pada komponen AC. Melainkan pada kondisinya yang kurang terjaga.

Ketika AC mobil kamu tidak mendapatkan perawatan rutin, hal ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang di saluran dan evaporator AC kamu. Bakteri dan kotoran inilah yang akan menyebabkan aroma tidak sedap pada AC kamu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi kondisi AC yang aromanya menyengat ini bisa kamu lakukan dengan memasang filter kabin.

Pemasangan filter kabin tujuannya adalah untuk menghalangi kotoran masuk ke dalam AC sehingga dapat mencegah penimbunan kotoran dan tumbuhnya bakteri di AC kamu. Selain itu, lakukan juga upaya pencegahan seperti dengan memastikan kabin kendaraan bersih dan bebas sampah apalagi meninggalkan makanan di dalam kabin kendaraan.

AC yang berisik

Salah satu alasan yang paling umum terjadi dari sebuah AC kendaraan adalah suara kencang yang muncul dari AC. Umumnya AC mobil Toyota yang banyak mengalami kondisi seperti ini adalah AC yang mengalami kerusakan di bagian piston, bearing atau pada compressor oil-nya.

Karena ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan masalah berupa suara nyaring ini, untuk solusi atau penyelesaian masalahnya lebih baik dilakukan dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Jika kamu memang memiliki basic otomotif, kamu bisa mengecek AC mobil Toyota kamu sendiri. Akan tetapi jika kamu memang belum memiliki pengalaman dalam hal pengecekan dan perbaikan AC lebih baik serahkan pada ahlinya.

Udara AC yang tidak dingin

Masalah yang lain yang sering kali membuat stres pemilik mobil adalah mengenai udara AC yang tidak dingin. Udara AC yang tidak dingin ini bisa disebabkan karena banyak hal. Pertama, biasanya karena kehabisan freon. Selain itu, AC mobil yang tidak dingin juga bisa disebabkan karena freon bocor, karena sekering rusak atau masalah pada kompresor. Bukan hanya itu, kondisi evaporator juga bisa menjadi salah satu penyebab AC yang tidak dingin.

Nah, biasanya jika kondisi AC seperti ini umumnya akan dilakukan pengisian freon terlebih dahulu. Akan tetapi jika kamu ingin menyelesaikan masalah dari dalam, akan lebih baik kamu memeriksa benar-benar bagian AC mobil Toyota mana yang bermasalah di kendaraan kamu.

Bicara mengenai mobil, salah satu masalah yang paling umum terjadi pada kendaraan tersebut adalah kondisi AC. Ada cukup banyak masalah pada yang umum terjadi pada mobil. Setidaknya ada 3 masalah umum AC mobil Toyota dan paling sering terjadi. Untuk bisa tahu lebih banyak, berikut ini ulasannya. Pentingnya kondisi AC MOBIL TOYOTA yang sehat AC atau pendingin udara…